Miris! Muda Mudi Ala Barat ~ Andri Suardi

Posted on
Cry
Cry

Miris! Muda Mudi Ala Barat, Aceh Meratap ~ Andri Suardi

Kacang tuwoe keu kulet (kacang lupa pada kulit), kira-kira inilah gambaran yang cocok untuk pemuda Aceh kini. Jika kita melihat pemuda Aceh dewasa ini, seolah-olah semesta ikut menangis. Bagaimana tidak?, lihat apa yang kini dipertontonkan muda-mudi Aceh sangatlah miris.

Muda-mudi millenial yang lahir dan bersemayam di Aceh kini tanpa ragu mempertontonkan gaya hidup dengan melepas begitu banyak kearifan indatu. Mereka gemar mempraktekkan budaya ala Barat baik itu dari cara berpakaian, sikap, perilaku yang jauh dari kepribadian moral identitas kebudayaan Timur.

Krisis kesadaran identitas dengan menganggap jatidiri bangsa Aceh yang terbelakang dari klaim perkembangan Nasional dan Internasional masif menjadi isu muda-mudi Aceh ditambah lagi minimnya kemampuan untuk menyeleksi atau filterisasi juga merupakan salah satu penyebab perubahan budaya yang kebarat-baratan di Aceh.

Membangkitkan semangat identitas Penulis rasa menjadi wacana yang pantas menjadi isu utama agar rekonstruksi sosial terarah. Sikap heroik dan intelektualitas bangsa Aceh yang terkenal dalam pena sejarah seyogyanya menjadi landasan perubahan sosial di Aceh.

Kekayaan, kemakmuran, dan kesejahteraan adalah capaian pendahulu-pendahulu (indatu) ialah capaian yang dikenal dunia. Ketaatan terhadap hukum-hukum islam mampu mengantarkan Aceh sebagai bangsa yang diperhitungkan dalam kancah global selain rempah-rempah dan kemampuan diplomasi.

Apakah tragedi tahun 2004 tidak pernah terpatri di dalam diri kita? Kala tsunami melanda, kala ribuan nyawa melayang seketika apakah tidak menjadi renungan?

Lanjut Halaman 2.

Leave a Reply