Sebab-Sebab Golongan Manusia yang Fobia Terhadap Air (Aquaphobia)

Posted on
aquaphobia
Aquaphobia

Rasa takut terhadap air terus menerus dan berlebihan terhadap air adalah ciri dari seseorang mengidap aquaphobia. Penderita biasa nya mempunyai perasaan takut tenggelam, terengah-engah dan takut mati dalam air.

Selain itu, penderita aquaphobia juga membayangkan hal-hal yang menakutkan seperti ular air atau binatang berbahaya lainnya didalam air. Orang-orang yang menderita aquaphobia biasanya takut dengan volume air yang besar seperti laut, danau dan sungai besar. Akan tetapi ada beberapa penderita bahkan merasa takut dengan air mengalir atau air yang di tuangkan ke kepala mereka.

Memiliki ketakutan terhadap air mungkin hal yang normal pada orang-orang yang tidak bisa berenang. Namun bagi penderita aquaphobia hal ini bisa menjadi kecemasan yang berkepanjangan jika melihat lautan atau air dengan volume besar. Mereka biasanya tidak bisa mengendalikan pikiran tentang kematian di pikiran mereka.

Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang mengidap aquaphobia:

1. Dasar paling utama seseorang mengidap aquaphobia yaitu karena alasan insiden traumatik terhadap air di masa lalu. Seperti kejadian tenggelam dan di dorong kedalam air. Selain itu mereka mungkin mengalami kecelakaan perahu/kapal atau menyaksikan orang tenggelam di air.

2. Orang yang biasanya hidup didaerah jauh dari sungai atau laut seperti gurun akan merasa takut apabila dihadapkan dengan air dan menimbulkan faktor aquaphobia.

3. Aquaphobia juga bisa dipengaruhi oleh orang tua. Orang tua yang cenderung takut air akan menyerahkan rasa ketakutan nya kepada anak. Anak akan terbiasa dengan ucapan larangan bermain air dari orang tua dengan alasan takut tenggelam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *